Maandag 29 April 2013

Siapa tak kenal Mading atau Majalah Dinding. Kumpulan tulisan, gambar, foto, coretan, puisi, cerpen atau sekedar  titip salam yang selalu nempel di dinding sekolah. Juga di dinding kelas. Jangan-jangan, para kompasioner dulunya juga aktifis mading  sekolah. Boleh jadi,  Mading atau Majalah Dinding adalah media pertama yang menampung segala hasil karya kita?.
 1361634748951527758


Mading, ada juga yang menyebutnya Mabok -Majalah Tembok, merupakan media efektif untuk pembelajaran menulis di sekolah. Tidak sekedar menulis. Siswa juga diajak untuk kreatif.  Mencari ide. Berburu berita atau hunting seperti wartawan. Bahkan, Mading juga memberi ruang yang luas bagi yang gemar seni. Seni rupa, seni lukis atau seni yang lain. Setelah semua bahan terkumpul, tim mading pun mulai diskusi.  Semacam rapat redaksi. Memilih dan memilah materi yang layak tampil. Lalu, me-layout dan menempel. Tidak boleh memaksakan kehendak. Pendeknya, sebuah karya mading merupakan hasil kolaborasi berbagai unsur kecerdasan siswa di sekolah.

Di banding pembuatan Majalah Sekolah atau Newspaper Design/  koran sekolah, biaya pembuatan mading jelas lebih murah. Meriah lagi.  Jadi keberadaan Mading, adalah sebuah keharusan di sekolah yang sangat menjunjung kekebasan berekspresi.



1361634860528914654


Tak hanya ukuran. Tema Mading modern juga tampil beda dan berani.  Banyak isu-isu aktual yang menjadi tema sebuah mading. Bahkan kadang-kadang kita tidak habis pikir bagaimana, anak-anak muda ini menemukan ide. Contoh tema Mading:Bhinneka Tinggal NamaIndonesia Need HeroBharatayudha, adalah contoh tema-tema “berat”  yang pernah diusung di ajang lomba mading. Tema lain tidak kalah keren. Misal Metrosexual yang mengkritisi gaya hidup anak muda di kota besar. Ada pula judul mading Mbah Marijan, menceritakan sosok juru kunci Gunung Merapi yang hidup sederhana secara detil.
Revolusi mading tidak hanya di tema dan ukuran.  Visual dan performa mading juga mengalami  perubahan luar biasa. Kalau Mading jadul hanya diam, nempel di dinding. Mading free style ini penuh tumpahan ide. Warnanya ngejreng. Lampunya berkelap-kelip. Bisa bergerak. Berputar. Mengeluarkan bunyi. Dilengkapi LCD. 


13616353521110937446


Lalu, Dimana mading-mading itu dapat dinikmati?  Datang saja tiap tahun ke Deteksi Mading (sekarang Deteksi Convention) yang digelar Jawa Pos di Surabaya Super Mall/  Pakuwon Trade Canter. Bulan Oktober - Nopember Beruntunglah surabaya ada Deteksi, yang mampu menjadi magnet dan mewadahi  anak muda Jawa Timur (bahkan ada yang dari Jawa Tengah) untuk berkompetisi secara sehat di bidang jurnalistik, mading khususnya.Terima kasih atas kunjungannya,,,,dan selamat berkompetisi.


Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking